Jumat, 21 November 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Jangan Boros

Winarto Herusansono | Agnes Swetta Pandia | Jumat, 17 Agustus 2012 | 08:00 WIB
Dibaca:   Komentar:

Kompas/Winarto Herusansono

SEMARANG, KOMPAS.com — Setiap kali memperingati HUT Kemerdekaan RI, selalu muncul pertanyaan sudahkah bangsa ini merdeka. Bila masih ada rakyat belum merasa merdeka, sebaiknya peringatan HUT RI di Istana Merdeka jangan boros.

Anggaran HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka sebesar lebih kurang Rp 7 miliar menjadi sorotan pada malam renungan warga Perumahan Kinijaya, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2012). Peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI yang diikuti puluhan warga, mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak, berlangsung khidmat di Balai Warga RT 04, dipimpin Ketua RT 04 Heru Wimbo.

Dosen Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Sukarno Budi mengemukakan, disamping biaya tinggi, juga rendahnya penghargaan terhadap prestasi anak bangsa. Ini semua muara maraknya korupsi, tindakan yang tiada lain bentuk penyelewengan atas tujuan mulia para pendiri bangsa Indonesia.

Meski Indonesia masih terpuruk, bangsa ini harus tetap optimistis bahwa Indonesia kelak tidak hanya merasakan kemerdekaan sesungguhnya, tetapi juga kesejahteraan rakyat akan terwujud.

"Makna kemerdekaan bagi masyarakat sederhana, yakni terselenggaranya pendidikan yang menjaga nurani anak bangsa supaya tidak tawuran, berbuat anarkis, serta menghormati guru dan orangtua," kata Mulyono, tokoh masyarakat di Perumahan Kinijaya, Semarang.

© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved