Kamis, 18 September 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

KPU DKI Gencar Sosialisasi pada Pemilih Pemula

Riana Afifah | Laksono Hari W | Rabu, 8 Agustus 2012 | 16:04 WIB
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengendara melintas di depan sebuah lukisan tembok kota (mural) yang mengingatkan untuk memilih pemimpin yang jujur di Jalan Sultan Agung Jakarta Selatan, Minggu (1/7/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa jumlah pemilih pemula di Indonesia cukup signifikan, yaitu mencapai 20 persen dari total pemilih di Indonesia. Untuk itu, sosialisasi pada pemilih pemula ini harus semakin gencar.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Sosialisasi Kampanye KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan, potensi pemilih pemula sangat besar karena pemilih pemula umumnya kritis, idealis, independen, pro perubahan, lebih rasional, dan belum memiliki pengalaman dalam memilih. "Para pemilih pemula harus juga menjadi pemilih yang cerdas dan tidak sembarangan memilih," kata Sumarno dalam acara Sosialisasi Pemilih Pemula Menuju Suksesnya Pilkada DKI Putaran Kedua 20 September 2012 di SMA Negeri 4, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2012).

Ia mengimbau para pemilih pemula ini harus mengetahui karakteristik dan rekam jejak kandidat peserta pemilu. Selain itu, para pemilih pemula juga diimbau untuk tidak mudah terhasut dan tidak terpengaruh politik uang.

Sumarno menuturkan, sebagai warga negara yang baik, para pemilih pemula ini sebaiknya menggunakan hak pilihnya dan tidak masuk golongan putih atau tidak menggunakan hak pilihnya. "Satu suara dapat memberikan perubahan bagi Jakarta. Untuk apa tinggal di Jakarta jika tidak ikut menentukan masa depan Jakarta?" ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun pada Pemilu 2004, jumlah pemilih pemula berjumlah sekitar 27 juta dari total 147 juta pemilih. Pada Pemilu 2009, terdapat 36 juta pemilih pemula dari total 136 juta pemilih. Untuk wilayah Jakarta pada putaran kedua pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2012, KPU Provinsi DKI Jakarta masih menghitung ulang jumlah pemilih pemula dari daftar pemilih tetap yang baru ditetapkan.


© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved