Selasa, 2 September 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

Foke: Lembaga Survei Sudah Bekerja Sesuai Kaidah

Kurnia Sari Aziza | Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Selasa, 17 Juli 2012 | 20:11 WIB
KOMPAS/LASTI KURNIA
Cagub DKI Jakarta pasangan nomor 1 yaitu Fauzi Bowo (Foke) (kiri), dan cawagub Nachrowi Ramli (kanan), bersama para pendukung dan simpatisan, menggelar konferensi pers di kantor Pemenangan Foke-Nara Center, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2012). Foke menyatakan perjuangan belum berakhir dan siap memasuki puatan kedua Pilkada DKI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur petahana DKI Jakarta, Fauzi Bowo, membantah adanya anggapan yang menyebutkan bahwa dirinya merasa tertipu dengan lembaga survei. Menurutnya, lembaga survei sudah bekerja sesuia prosedur.

"Semua itu pernyataan yang keliru. Saya tidak pernah membuat statement seperti itu. Lembaga survei sudah bekerja sesuai dengan kaidah dan keahliannya," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, seusai Sidang Paripurna DPRD, di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Menurutnya, terkait hasilnya sesuai atau tidak dengan hasil sebenarnya, hal itu bisa terjadi kepada siapa saja dan dalam hal apa saja. "Memang hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi," ujar Foke.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, beberapa lembaga survei telah merilis hasil survei prediksi perolehan suara pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Sebagian besar dari mereka menyebutkan pasangan calon Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli berada di peringkat teratas.

Berikut adalah prediksi dari beberapa lembaga survei:

1. Lingkaran Survei Indonesia menempatkan pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di peringkat teratas dengan 49,1 persen dan pasangan calon Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama di peringkat kedua dengan 14,4 persen.

2. Cyrus Network menempatkan pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi pertama dengan 42,40 persen dan pasangan Jokowi-Basuki di posisi kedua dengan 31,80 persen.

3. Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis menempatkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi pertama dengan prosentase 47,22 persen dan pasangan calon Jokowi-Basuki di posisi kedua dengan 15,16 persen.

4. Median menempatkan pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi pertama dengan 36,65 persen dan Jokowi-Basuki di posisi kedua dengan 17,90 persen.

5. Soegeng Sarjadi School of Government menempatkan pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi pertama dengan 26,6 persen dan Jokowi-Basuki di posisi kedua dengan 25,5 persen.

Hanya satu lembaga survei yang tidak menempatkan Foke-Nara di posisi teratas. Lembaga itu adalah Universitas Nasional dan Madani Institute, yang menempatkan pasangan calon besutan Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid-Didik J. Rachbani di posisi pertama dengan 32,6 persen, sedangkan pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi kedua dengan 30,9 persen dan pasangan calon Jokowi-Basuki di posisi ketiga dengan 28,2 persen.


© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved