Kamis, 23 Oktober 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

KPU : Deklarasi Sebagai Sosialisasi Calon Gubernur

Kurnia Sari Aziza | Hertanto Soebijoto | Sabtu, 23 Juni 2012 | 19:28 WIB
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ketua KPUD DKI Jakarta, Dahliah Umar, menunjukkan kepada wartawan surat suara yang akan digunakan dalam Pilkada DKI Jakarta di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2012). Selain sebanyak jumlah pemilih, pencetakan surat suara ini ditambah 2,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap untuk cadangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Besok adalah hari pertama dimulainya masa kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar deklarasi damai bagi para calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

"Sebenarnya deklarasi kampanye damai ini bukan hanya acara penandatanganan secara simbolik. Namun juga untuk memperkenalkan para pasangan calon dan mensosialisasikan kampanye kepada masyarakat Jakarta," ujar Dahliah Umar saat ditemui Kompas.com seusai acara Deklarasi Kampanye Damai, di Plasa Utara Senayan, Jakarta, Sabtu, (23/6/2012).

Dia juga berharap semua pasangan calon datang saat deklarasi ini. Namun, ada beberapa calon yang tidak hadir. Mereka yang tidak hadir antara lain, pasangan calon besutan Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini, Alex Noerdin, dan Faisal Basri. Absennya Alex Noerdin dan Faisal Basri diwakili oleh calon wakil gubernur mereka, yaitu Nono Sampono dan Biem Benjamin.

"Saya tidak kecewa jika memang ada beberapa yang tidak hadir. Namun, kami juga harus menghargai pasangan calon lain yang bersedia hadir dalam deklarasi ini," katanya.

Mengenai absennya beberapa calon, Dahliah memberikan konfirmasi. "Pak Alex tidak bisa menghadiri deklarasi ini karena ada acara kegubernuran, sehingga tidak bisa ditinggal. Kalau Pak Hidayat dan Pak Faisal belum tahu. Mungkin sudah memberitahukan kepada KPU, tapi saya belum tahu," katanya.

Dahliah mengatakan, kegiatan penandatanganan deklarasi kampanye ini bisa menyusul bagi para calon yang berhalangan hadir. "Tandatangan menyusul bisa. Para calon yang sudah mengconfirm akan menandatangani deklarasi ini, Alex Noerdin dan Faisal Basri. Akan diselenggarakan di kantor KPUD DKI Jakarta," katanya.


© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved