Sabtu, 25 Oktober 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

Program Sekolah Gratis, Alex-Nono Butuh Rp 2,72 Triliun

Sabrina Asril | I Made Asdhiana | Kamis, 24 Mei 2012 | 20:53 WIB
KOMPAS IMAGES/MUNDRI WINANTO
Cagub Alex Noerdin bersama wakilnya Nono Sampono memperlihatkan nomor urut yang didapatkannya di acara penentuan dan penetapan nomor pasangan Cagub dan Cawagub Pilkada DKI Jakarta di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/05/2012). Pasangan Alex-Nono mendapatkan nomor urut enam pada Pilkada DKI Jakarta 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono menargetkan biaya sekolah gratis dari jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA).

Pasangan yang kerap disebut NoeSa ini menargetkan program biasa sekolah gratis terealisasi pada satu hari setelah mereka dilantik, jika nantinya terpilih dalam Pilkada DKI 2012.

Alex mengatakan bahwa program biaya sekolah gratis di Jakarta saat ini baru hanya wajib belajar 9 tahun. Padahal, seharusnya pemerintah wajib membantu warganya menuntaskan pendidikan 12 tahun hingga jenjang SMA atau MA. Pengalokasian anggaran untuk sektor pendidikan sebesar Rp 36,02 triliun di Jakarta ternyata tetap tidak mampu mengentaskan angka buta huruf yang mencapai 115.913 jiwa.

"Yang menjadi kebutuhan dasar warga adalah pendidikan dan kesehatan. Tetapi pendidikan di Jakarta baru sampai 9 tahun. Oleh karena itu, kami sudah siapkan program satu hari setelah dilantik, jika nantinya terpilih maka biaya pendidikan gratis dari mulai SD, SMP, SMA bahkan Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah akan gratis," ungkap Alex, Kamis (24/5/2012), di Jakarta.

Alex yang juga merupakan Gubernur Sumatera Selatan ini menceritakan pengalamannya di Sumatera Selatan. Ia mengatakan, program sekolah gratis di Sumatera Selatan sudah terlebih dilakukannya pada tanggal 25 Maret 2009. Hingga kini, sudah ada 1.680.165 siswa yang bebas biaya dan pungutan sekolah serta gratis buku pelajaran.

Dengan bekal itu, Alex menyatakan dirinya yakin bisa mewujudkan program sekolah gratis di Jakarta. "Tahapan ke sana sedang dipersiapkan dan sudah mulai dilakukan dari sekarang," imbuh Alex.

Alex memperkirakan, butuh biaya sebesar Rp 2,72 triliun per tahun untuk merealisasikan program itu. Pembiayaan akan diambil sebagian dari alokasi dana BOS pemerintah pusat senilai Rp 764 miliar dan dari Angggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta yang tahun ini jumlahnya mencapai Rp 36 triliun.


© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved