Selasa, 21 Oktober 2014
Selamat Datang   |    Register   |  

Karut-marut DPS, Penetapan DPT Ditunda

Riana Afifah | I Made Asdhiana | Kamis, 24 Mei 2012 | 16:59 WIB
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Warga menuliskan aspirasinya tentang Kota Jakarta, pada bentangan kain di tepi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (25/3/2012). Seperti yang tertulis pada kain tersebut, warga mengharapkan gubernur DKI Jakarta yang terpilih pada pilkada mendatang mampu mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta yang semakin hari semakin parah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta sepakat untuk menunda penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang semestinya dilakukan pada 26 Mei mendatang. Langkah ini diambil setelah banyak pihak menilai Daftar Pemilih Sementara (DPS) masih kacau-balau.

Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta, Aminullah, mengungkapkan bahwa penundaan ini dilakukan karena ada masukan dari banyak pihak termasuk dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Kami sepakat penetapan DPT mundur. Kami juga akan memeriksa kembali data-data dan masukan yang masuk pada kami," kata Aminullah ketika dihubungi wartawan, Kamis (24/5/2012).

Kendati demikian, lanjut Aminullah, pihaknya belum bisa memastikan berapa lama penundaan penetapan DPT ini.

Aminullah juga tidak mau menebak durasi penundaan penetapan DPT ini mengingat semua proses sedang berjalan. "Kami terima masukan dari masyarakat. Jadi tidak bisa dikira-kira sampai kapan penundaannya," jelasnya.

Meski begitu, ia memastikan bahwa penundaan ini tidak akan mengganggu tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012. Sesuai jadwal, setelah penetapan DPT tahap selanjutnya adalah, penyiapan logistik, kampanye, dan pemungutan suara pada 11 Juli mendatang.


© 2012 KOMPAS.com - All rights reserved